Thursday 15 October 2020

Tempat rekreasi bagus di Jogjakarta

 Tempat rekreasi bagus di Jogjakarta

Kesempatan ini saya serta istri berkunjung ke kota Jogjakarta, Jogjakarta menarik untuk di datangi sebab keanekaragaman budaya serta sejarahnya. Wilayah dengan beberapa jenis kekhasan tempat rekreasi bagus seperti rekreasi budaya, kulineran serta alam. Banyak tempat rekreasi bagus di Jogjakarta salah satunya candi Prambanan atau candi Rara Jongrang disamping itu Jogjakarta memiliki rekreasi alam yang menarik untuk di telusuri salah satunya rekreasi alam Goa Pindul. 

Pusat kulineran serta pusat pekerjaan budaya yang populer ada di Jogjakarta ialah jalan Malioboro. Jalan Malioboro benar-benar populer sebab tempat ini tawarkan banyak hidangan kulineran ciri khas wilayah serta dalam tempat ini banyak bangunan hotel-hotel. Saat malam hari disepanjang jalan Malioboro ramai warung makan yang menyediakan makanan wilayah seperti gudeg serta minuman seperti wedang, jadi tidak susah untuk saya serta istri untuk cari makan malam serta jalan rileks di Malioboro.

Saat di Jogjakarta saya berkunjung ke 2 candi, yang awalnya saya sudah cari info info mengenai candi-candi itu. Di Jogjakarta banyak candi warisan Hindu serta terletak juga banyak diketemukan diperkampungan yang diketemukan tiada menyengaja diantaranya ialah candi Sambisari, candi yang diketemukan saat ada petani yang mencangkul serta cangkulnya mengenai batu besar.

1.Candi Prambanan.

Candi yang pertama kali saya datangi ialah candi Prambanan atau candi Rara Jongrang. Saat yang saya menempuh dari Malioboro ke tempat candi Prambanan sepanjang 40 menit dengan memakai mobil jemputan. Tempat rekreasi candi Prambanan membuka start pukul 06.00 WIB s/d 17.00 WIB. Ticket masuk untuk pelancong :

Pelancong lokal dewasa : Rp 30.000

Pelancong lokal beberapa anak : Rp. 12.500

Pelancong asing dewasa : USD 18

Pelancong asing beberapa anak : USD 9

Candi Prambanan sudah jadi dayatarik pelancong lokal serta asing yang bertandang ke Jogjakarta sebab adalah salah satunya candi paling besar penginggalan Hindu di Indonesia yang dibuat ke 9 Masehi. Tempat rekreasi candi Prambanan merupakan komplek candi yang terbagi dalam beberapa candi salah satunya candi Garuda, candi Wisnu, candi Angsa, candi Nandi, candi Siwa. 

Semasing candi memiliki arti diantaranya ialah candi Siwa yang disebut candi penting di komplek candi Prambanan ini, di mana candi ini dibuat untuk menghargai dewa Siwa yang disebut Mahadewa dijaman jawa kuno. Di candi Siwa ada relief Ramayana serta pada bagian dalam ada arca Genesa, Agastya, Durga Mahisasuramardhini. Untuk capai pucuk candi ini saya harus antre naiki anak tangga yang kecil. Candi Siwa adalah candi paling tinggi di Indonesia dengan tinggi 47 m. 

Pemugaran Komplek candi Prambanan ini diresmikan oleh presiden Suharto di 20 Februari 1993. Di komplek candi Prambanan ini masihlah banyak tumpukan batu candi yang belum diatur /dipugar. Untuk yang menyukai beberapa foto banyak spot-spot yang baik untuk ambil gambar. anjuran saya bila akan ke tempat rekreasi ini bawa payung atau topi sebab akan berasa panas sinar matahari. 

Di tempat rekreasi candi Prambanan ada juga layanan tukang photo yang hasil fotonya langsung dapat dibayarkan. Untuk yang pengin beli souvenir, toko souvenir serta makanan berada di jalan tuju pintu keluar. Harga souvenir seperti pakaian, hiasan harga beragam serta dapat ditawar. Seterusnya sesudah ke tempat rekreasi candi Prambanan saya meneruskan ke tempat rekreasi candi Sambisari.

Tempat candi Sambisari terdapat tidak jauh dari bandar udara serta letak candi ada ditengah-tengah perumahan. Candi Sambisari ada di jalan Candi Sambisari, Kadirojo, Purwomartani, Kalasan kabupaten Sleman Jogjakarta. Untuk capai candi Sambisari dari kota Jogjakrta lebih kurang 12 km. Candi Sambisari ialah warisan era Mataram kuno. Penggalian serta pemugaran candi Sambisari memerlukan waktu 21 tahun.

Harga ticket masuk ke tempat rekreasi candi Sambisari diantaranya :

Pelancong lokal : Rp. 5000

Pelancong asing : Rp. 10.000

Ticket di tempat rekreasi Sambisari berbeda jauh dengan candi Prambanan. Parkir kendaraan dilokasi rekreasi candi Sambisari tidak ada tempat spesial sebab terletak di tempat perumahan jadi parkirnya di atur masyarakat seputar. Candi Sambisari diresmikan pemugarannya oleh Prof. DR. Haryati Soebadio di 23 Maret 1987. Candi Sambisari diprediksikan dibuat di era ke 9 Masehi serta diketemukan di tahun 1966. Candi Sambisari memiliki kecocokan dengan candi Prambanan yakni latarbelakang keagamaan Siwaistis. Candi Sambisari memiliki candi penting yang didalamnya ada Lingga Yoni, yakni perwujudan dari Sakti (istri Siwa). Tidak sama dengan candi Prambanan untuk capai di dalam komplek candi Sambisari saya harus menuruni anak tangga. Candi Sambisari ini dikelilingi tembok batu.

Dalam ruangan candi penting ada terdapat Yoni yakni berbentuk batu yang berupa kotak panjang pas ditengah-tengah dalam ruang. Di saat saya serta keluarga bertandang ke tempat rekreasi candi Sambisari ini tidak banyak pelancong asing serta dalam komplek candi ini banyak beberapa anak dari sekitar lingkungan candi yang bermain. Kebersihan serta kerapihan di komplek candi ini terbangun secara baik.

Goa Pindul ialah tempat rekreasi bagus di Jogjakarta seterusnya yang saya datangi saat di Jogjakarta. Goa Pindul terdapat di dusun Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Goa Pindul satu diantara rekreasi alam di Gunung Kidul yang sedang terkenal. Wisatanya ialah menyelusuri goa dengan memakai karet ban. Saya menyelusuri saluran sungai bawah tanah di mana di dalam goa Pindul itu mengalir air serta batu stalagmite yang tumbuh/aktif. 

Di dalam goa Pindul ada juga batu mineral yang keluarkan cahaya bila terserang cahaya lampu seperti kristal. Waktu itu kelompok saya dibantu seorang pemandu yang memberikan info mengenai situasi serta asal mula goa Pindul. Waktu penyelusuran dari awalnya masuk goa sampai keluar goa seputar 40 menit, ini bergantung situasi saluran air serta jumlah pengunjung.

Harga rekreasi penyelusuran goa Pindul waktu itu saya range Rp. 45.000/orang di luar panduan serta ongkos basuh. Dalam tempat tempat rekreasi ini banyak operator layanan yang tawarkan paket rekreasi pada harga yang macam. Untuk capai tempat rekreasi goa Pindul bisa dilakukan dengan kendaraan individu mobil atau motor. Akses tuju tempat bagus.

Sesudah saya beli paket rekreasi yang pertama kali yakni penyelusuran goa Pindul serta yang ke 2 dilanjut penyelusuran sungai Oyo. Ke-2 rekreasi alam ini memakai tube/ban dalam mobil serta pelampung/orang dengan ikuti saluran air. Sebelumnya masuk ke goa kami diberitakan banyak hal yang berada di dalam goa nanti. Menurut info Permainan Draw Poker dari pemandu goa Pindul ialah goa purba yang tercipta alami yang didalamnya ada batu stalagmite ke 4 paling besar di dunia yang aktif/tumbuh dan ada banyak lokasi yang memiliki mitos salah satunya Batu gagah (mitos untuk pria bila menyetuh batu itu bisa menjadi kuat) serta batu tahan lama muda untuk wanita (mitos untuk wanita yang menyuci muka dari tetesan air dari batu itu bisa menjadi tahan lama muda). Di dalam sungai bawah tanah ini sekitar 1 ~ 12 mtr. dengan panjang goa seputar 350 mtr..

Goa Pindul menurut pemandu rekreasi kami dulunya ialah lokasi yang di sakralkan sebab ada sumber air bersih untuk warga seputar. Nama goa Pindul menurut narasi dulu ada seorang pangeran yang masuk ke goa untuk bertapa serta tampa menyengaja pipinya terbentur atau tersundul batu serta dari narasi itu ada Pindul karena itu disebutkan goa Pindul. Saluran air dari goa Pindul terus mengalir sampai sungai Oyo. Tempat dalam goa Pindul dipisah jadi 3 zone yakni zone jelas (pintu masuk goa), zone remang (sedikit sinar) serta zone gelap kekal (sisi dalam tengah goa).

Saat yang pas untuk berekreasi ke goa Pindul ini range jam 10.00 pagi serta bukan dihari libur nasional atau hari raya sebab tempat ini akan penuh hingga untuk masuk ke goa harus antre. Tiap 1 kelompok tidak dibatas banyaknya. Waktu itu kelompok saya sejumlah enam orang termasuk juga pemandu wisatanya.

Untuk tempat parkir serta fasilitas basuh di tiap operator rekreasi tentu ada, biaya basuh range Rp 3000 serta untuk pengunjung yang pengin beli pakaian di tempat ini ada pada harga range Rp 70.000 ~ Rp 100.000 bergantung macamnya.

No comments:

Post a Comment