Wednesday 7 October 2020

Tempat Rekreasi Yang Indah Serta Menarik Di Aceh Selatan

 

Tempat Rekreasi Yang Indah Serta Menarik Di Aceh Selatan

Mempunyai Topografi daerah yang beragam, dari mulai dataran rendah, bergelombang, bebukitan s/d daerah pegunungan dengan tingkat kemiringan yang paling curam, membuat Kabupaten Aceh Selatan memiliki daya tarik alam yang cantik serta menarik.

Tidaklah heran walau bagian pariwisata belum dikerjakan dengan cara optimal, kabupaten yang beribukota di Kota Tapak Tuan ini banyak dilirik beberapa pelancong, sebab dengan alamiah lanscape alamnya memang mempersejuk mata. Berikut tempat rekreasi di Aceh Selatan yang akan buat betah.

Pantai Lhok Nibong

Bentangan Samudra Hindia dengan pulau kecil di tengahnya ditambah jejeran Bukit Barisan yang seakan memagari tempat pantai membuat keelokan yang mengagumkan dari pantai yang berada di Gampung Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek ini. Ditambah garis pantainya yang mempunyai panjang seputar 2 km berhias pasir putih serta beberapa batu besar yang dinaungi barisan pohon kelapa.

Bukan hanya hanya itu, air lautnya yang jernih memiliki warna biru toska dengan ombak yang tenang, ditambah taman bawah lautnya yang dipenuhi terumbu karang dan beberapa tipe ikan serta biota laut yang lain, membuat siapa saja ingin mandi, berenang sekaligus juga menyelam untuk nikmati surga bawah lautnya yang menarik.

Pantai Lhok Rukam

Terdapat di Desa Lhok Rukam Km.14 dari arah pemandian Panjupitan, membuat pantai ini gampang dibuka sebab dilalui rute transportasi umum. Hal itu yang membuat Pantai Lhok Rukam belum pernah sepi dari pengunjung selain sebab keelokan alamnya yang berhias beberapa batu karang dengan ombak yang besar.Kecuali nikmati keelokan alam, mereka yang bertandang kesini dapat belanja ikan laut fresh, sebab beberapa teritori pantai dipakai untuk tempat berlabuh perahu-perahu nelayan.

Pantai Seurudong

Pantai yang berada di Desa Sawang Ba'u, Kecamatan Sawang ini di saat berlangsung perselisihan Aceh, adalah zone merah yang membuat siapa saja takut untuk bertandang. Tetapi sekarang, tempat wisata ini telah aman untuk didatangi walau masih tetap sepi dari pengunjung disebabkan tempatnya yang susah untuk dicapai.

Walau sebenarnya lanscape yang didatangkan Pantai Seurundong termasuk eksotis dengan satu pulau kecil namanya "Puilau Kloe' atau "Pulau Bisu" yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Pantai ini makin menarik untuk didatangi sebab mempunyai terumbu karang yang terbangun dan jadi rumah buat beberapa tipe biota laut termasuk juga penyu. Di saat musim penyu bertelur itu pantai ini umumnya ramai oleh pengunjung.

Air Terjun Tingkat Tujuh

Sesuai namanya, air terjun ini mempunyai tujuh tingkat yang semasing mempunyai ketinggian berlainan dengan keelokan yang bermacam. Tempat ini dapat dimasukkan dalam daftar Inspirasi Pekerjaan Hebat Bermalam 3 Hari 2 Malam di Aceh lho! Tingkat pertama sampai tingkat ke-4 terletak bersisian sedang tingkat ke-5, ke enam serta ke-7 terpisah lumayan jauh dan harus mendaki bukit dengan ikuti saluran sungai agar bisa Permainan Draw Poker sampai ke tempat. Perihal ini pula sebagai daya tarik tertentu dari air terjun yang berada di Kecamatan Tapaktuan ini.

Untuk ke arah tempat air terjun tingkat pertama tidak berapa susah, sebab pengunjung bisa memakai kendaraan roda dua serta tempuh perjalanan sejauh 1 – 2 km dari jalan kutub yakni Jalan Medan – Tapaktuan. Sesampai di tempat, baru perjalanan harus diteruskan dengan berjalan kaki bila ingin nikmati keelokan air terjun tingkat ke-2 sampai ke-7.

Air Terjun Tangga Seribu

Diberi nama Air Terjun Tangga Seribu sebab tempat curahan airnya mempunyai bentuk berundak seperti anak tangga hingga nampak menarik waktu dilihat. Ditambah dengan situasi seputar yang berpagar rimba tropis, membuat kesan-kesan alami masih kental dirasa oleh beberapa pengunjung waktu tiba ke tempat.

Kecuali diselimuti rimba lebat, akses ke arah tempat air terjun termasuk susah, sebab kecuali harus tempuh perjalanan dengan memakai motor seputar 1 jam, pengunjung harus berjalan kaki seputar 1/2 jam untuk telusuri teritori rimba.

Arung Jeram Sungai Alas

Untuk sungai terpanjang di propinsi Aceh yang salurannya membelah Taman Nasional Gunung Leuser serta bersumber di Samudra Hindia, membuat Sungai Alas menarik untuk disusuri. Pelancong yang lakukan rafting di sungai ini bukan saja akan disajikan panorama yang eksotis tetapi akan dibawa untuk meningkatkan adrenalin.

Bagaimana tidak, dari grade sungai di antara 1 – 6, Saluran Sungai Alas mempunyai grade 3 serta 4. Pada saluran grade 3, bisa didapati riam-riam yang diikuti gelombang yang hadirnya tidak tersangka serta perlu kekuatan bermanuver untuk hindari beberapa batu besar. Di grade 4 jeram yang menyongsong sama-sama bersambungan serta makin sulit dengan ketinggian gelombang capai 2 mtr. dibarengi kelokan-kelokan yang tajam.

No comments:

Post a Comment